Iklan

Follow us

Bijak dan Menyentuh Hati, Inilah 60 FILSAFAT MENCINTAI

Timur Pos
Minggu, 15 Mei 2022, 13:45 WIB Last Updated 2022-05-15T05:45:32Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Foto : Ilustrasi


TIMUR POS.COM - Cinta merupakan sebuah hal yang membuat manusia kadang merasa bingung, dan tak bisa dimengerti hingga saat ini. Bila salah mengerti cinta, maka kita akan salah jalan. Itulah mengapa perasaan cinta harus dengan pikiran yang bijak. 


Ada banyak sekali kata-kata filsafat cinta yang bisa membantu kalian bijak dalam sebuah permasalahan cinta.Kalian bisa mendapatkan banyak sekali kata - kata filsafat cinta dari para filsuf terkenal dunia, salah satunya yaitu ada Aristoteles dan Erich Fromm. Selain itu ada banyak pula filsuf muslim dunia yang memberikan kata-kata bijak dalam kehidupan dan cinta. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 60 kata-kata filsafat cinta yang bijak. Yuk langsung saja dicek KLovers.


Kata-kata filsafat cinta yang pertama yaitu ada kata-kata dari Aristoteles. Bila membicarakan cinta, tidak lengkap bila tidak membicarakan Aristoteles. Ya, Aristoteles merupakan seorang filsuf yang banyak membicarakan tentang cinta. Berikut ini beberapa kata-kata filsafat cinta dari Aristoteles:

1. "Kebahagiaan adalah kesenangan yang dicapai oleh manusia menurut kehendak masing-masing."

2. "Kebanyakan orang lebih memilih memberi kasih sayang daripada mendapatkan kasih sayang."

3. "Tak seorang pun memilih tak memiliki teman, meski dapat memiliki semua hal lainnya di dunia ini."

4. "Lelaki memperoleh kualitas istimewa dengan bertindak dengan cara yang istimewa."

5. "Anda takkan pernah melakukan segalanya di dunia ini tanpa adanya keberanian. Itu adalah kualitas terbesar dari pemikiran setelah kehormatan."

6. "Mengenal diri sendiri adalah awal dari semua kebijaksanaan."

7. "Kebahagiaan adalah makna dan tujuan hidup, seluruh tujuan dan akhir keberadaan manusia."

8. "Orang yang paling sempurna bukanlah orang dengan otak yang sempurna, melainkan orang yang dapat mempergunakan sebaiknya-baiknya dari bagian otaknya yang kurang sempurna."

9. "Diri kita menunjukkan apa yang sering kali kita lakukan. Jadi, kebaikan bukanlah sebuah tindakan, melainkan kebiasaan."

10. "Setiap orang bisa menjadi marah, itu adalah hal yang mudah, tetapi menjadi marah kepada orang yang tepat, dengan kadar yang tepat, di saat yang tepat, dengan tujuan yang tepat serta dengan cara yang tepat, bukanlah kemampuan setiap orang dan bukanlah hal yang mudah."

11. "Harapan adalah mimpi dari seorang yang terjaga."

12. "Tidak ada seorang yang genius tanpa sebuah pemikiran yang gila."

13. "Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan."

14. "Di dalam segala hal yang ada di alam semesta ini, sesungguhnya kita bisa melihat banyak keajaiban."

15. "Barangsiapa berhasil mengalahkan ketakutannya akan menjadi orang yang benar-benar bebas."

16. "Memahami diri sendiri adalah awal dari semua kebijaksanaan."

17. "Cinta itu dibentuk oleh satu jiwa yang dihuni oleh dua raga."

18. "Kebahagiaan adalah arti dan tujuan hidup. Ia adalah keseluruhan arah dan cita-cita akhir dari eksistensi manusia."

19. "Penderitaan menjadi indah ketika seseorang menghadapi kesulitan besar dengan keceriaan, tidak dengan keterpurukan tapi dengan kebesaran pikiran."

20. "Menjadi teman siapa saja berarti tidak berteman dengan siapa-siapa."

Kemudian kata-kata filsafat cinta yang kedua yaitu dari Erich Fromm. Sama seperti Aristoteles, Erich Fromm juga merupakan filsuf yang banyak banyak membuat kata-kata tentang cinta. Berikut ini kata-kata filsafat cinta dari Erich Fromm:

21. "Di masa lalu, pemimpin adalah bos. Namun kini, pemimpin harus menjadi partner bagi mereka yang dipimpin. Pemimpin tak lagi bisa memimpin hanya berdasarkan kekuasaan struktural belaka."

22. "Bahaya masa lalu yaitu ketika orang menjadi budak. Bahaya masa depan adalah ketika manusia bisa menjadi robot."

23. "Cinta monyet: Aku mencintaimu karena aku membutuhkanmu. Cinta sejati: Aku membutuhkanmu karena aku mencintaimu."

24. "Orang kaya bukanlah mereka yang memiliki banyak harta, tetapi mereka yang banyak memberikan miliknya untuk orang lain."

25. "Berbeda dengan hubungan yang bergantung pada keuntungan, cinta sejati adalah keteguhan hati untuk menjaga integritas seseorang; kepribadian seseorang."

26. "Siapa yang bisa mengatakan bahwa satu momen cinta yang berbunga-bunga atau kebahagiaan saat bernapas atau berjalan di pagi yang cerah dan menghirup segarnya udara, tidak sebanding dengan semua kesusahan dan usaha yang dituntut oleh dunia?"

27. "Cinta yang matang adalah kesatuan dengan sesuatu atau seseorang di bawah kondisi saling tetap mempertahankan integritas dan individualitas masing-masing."

28. "Semua cinta tidak sama. Cinta keluarga berbeda dengan cinta spiritual, cinta persahabatan, dan cinta romantis. Intensitas dan perasaan cinta mungkin berbeda, tetapi seharusnya selalu ada."

29. "Cinta adalah kekuatan yang mampu meleburkan penghalang yang memisahkan manusia dengan sesamanya."

30. "Kelemahan biologis manusia adalah kondisi dari budaya manusia."

31. "Cinta berarti berkomitmen pada diri sendiri tanpa jaminan, memberi diri sendiri sepenuhnya dengan harapan bahwa cinta kita akan menghasilkan cinta pada orang yang dicintai. Cinta adalah tindakan iman, dan siapapun yang memiliki sedikit iman juga memiliki sedikit cinta."

32. "Sejarah manusia merupakan tanah pemakaman dari kebudayaan-kebudayaan yang tinggi, yang rontok karena mereka tidak mampu melakukan reaksi sukarela yang terencana dan rasional untuk menghadapi tantangan."

33. "Cinta adalah anak dari kebebasan, tidak pernah mendominasi."

34. "Dalam cinta terjadi paradoks, dua makhluk menjadi satu namun tetap saja dua."

35. "Kekasih yang menikah bisa berkembang dalam cinta; mereka akan berkembang menjadi manusia yang lebih baik."

36. "Setiap kali kita mengambil keputusan, hal yang diputuskan berdasarkan kekuatan yang baik atau buruk, yang dipatuhi, mana yang lebih dominan."

37. "Orang-orang yang mementingkan diri sendiri tidak memiliki kemampuan untuk mencintai orang lain, tetapi lebih dari itu, mereka juga tidak memiliki kemampuan untuk mencintai dirinya sendiri."

38. "Keserakahan adalah jurang maut yang menguras orang dalam upaya tanpa henti untuk memenuhi kebutuhan tanpa pernah mencapai kepuasan."

39. "Orang egois tidak mampu mencintai orang lain, mereka juga tidak mampu mencintai diri mereka sendiri."

40. "Bersatu dengan orang lain adalah kebutuhan terdalam dari setiap manusia."

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata cinta dari tokoh muslim yang terkenal. Berikut ini kata-kata filsafat cinta dari tokoh muslim tersebut:

41. "Air berkata kepada yang kotor, "Kemarilah." Maka yang kotor akan berkata, "Aku sungguh malu." Air berkata, "Bagaimana malumu akan dapat dibersihkan tanpa aku?" - Jalaludin Rumi

42. "Jiwa manusia itu seperti cermin yang memantulkan bayangannya. Kebajikan akan membuat jiwa itu bersinar, sementara keburukan akan membuatnya gelap." - Imam Al-Ghazali43. "Orang yang arif itu dermawan. Bagaimana ia tidak dermawan, karena harta benda baginya bukan kekayaan. Kekayaan sejati ialah cinta akan kebenaran." - Ibnu Sina

44. "Aku paling takut pada sapi, sebab ia punya tanduk, namun tak punya akal." - Ibnu Sina

45. "Untuk kesehatan yang baik, kendalikan makananmu. Untuk jiwa yang baik, kendalikan dosa-dosamu, dan untuk keimanan yang baik, kirimkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW." - Imam Al-Ghazali

46. "Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad." - Abu Hamid Al Ghazali

47. "Doakanlah temanmu, baik selagi hidup maupun sesudah dia meninggal dunia." - Abu Hamid Al Ghazali

48. "Menyatakan jihad pada dua belas musuh Anda yang tidak terlihat yaitu: egois, arogansi, kesombongan, keegoisan, keserakahan, nafsu, intoleransi, kemarahan, berbohong, menipu, bergosip dan memfitnah. Jika Anda dapat menguasai dan menghancurkan mereka, maka Anda akan siap untuk melawan musuh yang Anda lihat." - Abu Hamid Al Ghazali

49. "Menerima sesuatu hanya berdasarkan praduga dan, juga gagal menyelidikinya dapat menutupi, membutakan, dan menyesatkan." - Al Farabi

50. "Negara yang didirikan oleh cinta, berlanjut dengan keadilan." - Al Farabi

51. "Seorang pria menjadi pribadi berkat kecerdasan." - Al Farabi

52. "Definisi filosofi dan pengertiannya terdiri dari penugasannya bahwa itu adalah ilmu tentang makhluk sebagai makhluk." - Al Farabi

53. "Orang yang berbicara panjang perlu didengarkan dengan singkat." - Al Farabi

54. "Masyarakat bersatu dengan cinta, hidup dengan keadilan dan bertahan dengan pekerjaan yang jujur." - Al Farabi

55. "Makan adalah suatu bentuk ibadah, maka gerakan-gerakanmu sebaiknya dikendalikan. Jangan menolah-noleh ke kanan maupun ke kiri atau memikirkan kesalahan-kesalahanmu dan kekurangan-kekuranganmu; tinggallah dalam keadaan bersyukur". - Ibnu Arabi

56. "Makanlah sedikit. Itu akan meninggalkan lebih banyak ruang dalam hatimu dan akan meningkatkan hasratmu untuk berdoa dan taat". - Ibnu Arabi

57. "Jangan puas dengan keadaan spiritual (hal)-mu; tingkatkan! Majulah tanpa henti, tanpa gangguan. Dengan tujuan yang teguh, berdoalah kepada Allah, Sang Maha Benar, untuk membawamu dari keadaanmu saat ini menuju keadaan berikutnya. Dalam setiap keadaan, dalam setiap kemajuan, sambil melakukan sesuatu atau tidak, bersikaplah senantiasa ikhlas dan jujur". - Ibnu Arabi

58. "Jangan melihat ke luar. Lihatlah ke dalam diri sendiri dan carilah itu". - Jalaluddin Rumi

59. "Isi aku dengan anggur dari sunyi-Mu, biarkan anggur itu merendam pori-poriku, hingga keindahan dari Yang Maha Agung akan terungkap bagiku". - Jalaluddin Rumi

60. "Sumbatlah telinga nafsumu, yang bagai kapas menutupi kesadaranmu dan membuat tuli telinga batinmu". - Jalaluddin Rumi.

Itulah 60 kata-kata filsafat cinta yang bijak dan menyentuh dari para tokoh terkenal. Semoga dengan kata-kata filsafat cinta di atas, kita semakin bijak dalam menghadapi cinta yang baik.


Sumber : Kapan lagi.com



Komentar

Tampilkan

Terkini