Iklan

Follow us

Gercep Pemkab Mitra Pantau Banjir Bandang di Kecamatan Pusomaen

James Wahongan
Kamis, 27 Juni 2024, 12:45 WIB Last Updated 2024-06-27T04:45:20Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



 

 

MITRA, TIMURPOS.com. – Hujan lebat yang mengakibatkan meluapnya sungai Makalu dan kembali terjadi banjir bandang yang menerjang sejumlah desa dan luapan air merendami pemukiman warga di Kecamatan Pusomaen, Minahasa Tenggara (Mitra). Kejadian ini membuat Pj Bupati Minahasa Tenggara lr, Ronald Sorongan langsung turun lapangan bersama jajaran SKPD terkait, Rabu (26/6).

 

 

Akibat curah hujan yang tinggi sehingga debit air terlalu banyak menggenangi pemukiman warga, sehingga Bupati Sorongan dan rombongan harus berjalan kaki agar bisa sampai ke lokasi bobolnya tanggul penahan bentaran sungai di Desa Makalu, sambil menyusuri sungai tersebut.

 



 

“Saya bersama rombongan meninjau secara langsung ambruknya tanggul disebabkan meluapnya debit air akibat hujan deras. Oleh sebab itu kami memastikan langsung kondisi yang terjadi dan dampaknya bagi masyarakat,” ungkap Bupati Sorongan.

 

 

Setelah meninjau, Sorongan menginstruksikan kepada instansi terkait diantaranya, Dinas PUPR, BPBD, Dinas Sosial agar bergerak cepat dalam membantu warga masyarakat yang terdampak banjir.

 

 

“Ini hal yang urgen. Namun saya sudah mengintruksikan kepada semua dinas terkait agar bergerak cepat mengatasi banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara. Kemudian mendata berapa rumah ataupun bangunan rusak akibat banjir dan tanah longsor,” ucap Bupati Sorongan.

 

 

Sorongan juga menghimbau bagi seluruh warga masyarakat Mitra agar tetap waspada. Sebab potensi bencana bisa saja terjadi, dikarenakan curah hujan yang masih tergolong tinggi saat ini.

 

 

“Saya minta bagi seluruh warga masyarakat agar tidak khawatir, namun tetap waspada dan serahkan persoalan ini kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara. Kami siap membantu warga yang terdampak banjir dan tanah longsor,” himbau Sorongan. 

 

Diketahui, dihari yang sama luapan air sungai yang bermuara ke Desa Bentenan merendam pemukim warga.

 

 

 

 

Editor: Alfrets Maurits

Reporter:  James Wahongan

 

Komentar

Tampilkan

Terkini