Iklan

Follow us

Pemdes Rasi Satu Gelar Rembuk Stunting Tingkat Desa

Timur Pos
Rabu, 28 Juni 2023, 17:32 WIB Last Updated 2023-06-28T09:32:19Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



Mitra, TIMURPOS.com  – Program Pemerintah Desa Rasi Satu Kecamatan Ratahan, kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melaksanakan kegiatan Rembuk Stunting tingkat Desa yang sudah menjadi agenda desa sesuai dengan amanat Pemerintah Pusat terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2024 untuk pencegahan dan penanganan stunting. Kegiatan dipimpin Kasie PMD kecamatan Ratahan, Jubly Sondakh mewakili Kepala Kecamatan Ratahan , dan dilaksanakan di Balai desa Rasi Satu, Selasa (27/6).


Kasie PMD, Jubly Sondakh dalam sambutannya mengatakan, stanting merupakan tanda awas yang sudah menjadi program dari pemerintah pusat, dan ini perlu mendapat perhatian sebagai bentuk langkah pencegahan karena akan di-support juga lewat dana desa.


“Sebagai pemerintah sangat mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar secara bersama-sama memberikan perhatian akan hal ini, serta terus memberikan edukasi yang benar terhadap masyarakat,” ungkap Sondakh.


Sementara itu Hukum Tua desa Rasi Satu, Alfian Kapahang, SE juga mengatakan, pemanfaatan Dana Desa untuk penanganan stunting dapat dimulai dari pemetaan sasaran secara partisipatif terhadap warga desa yang terindikasi perlu mendapat perhatian dalam penanganan stunting oleh kader pemberdayaan di desa.


“Yang menjadi kegiatan utama dalam rembuk stunting di desa meliputi bagaimana caranya mencegah stunting, maka akan dilakukan periksa Kesehatan, pemberian vitamin kepada ibu hamil dan balita, posyadu kepada remaja, peningkatan kapasitas para kader, pemberian insentif kepada para kader, serta Pembentukan LPS dengan biaya yang telah ditentukan. Dan diharapkan dengan apa yang telah diputuskan ini akan menghasilkan yang bermanfaat dengan harapan desa Rasi Satu ada pada posisi nol persen untuk anak stunting,” jelas Kapahang. (Jw)

Komentar

Tampilkan

Terkini