Iklan

Follow us

Syukuran 59 Tahun Ikatan kekeluargaan Rano'iapo, Brigjen TNI Dicky Tamara Memberikan Makna Penting Kepada Warga Minahasa Yang Merantau!!

Timur Pos
Minggu, 02 Juli 2023, 23:15 WIB Last Updated 2023-07-02T15:15:32Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Para Pengurus Ikatan Kekeluargaan Rano'iapo ( IKR ) Saat Sesi Pengambilan Gambar Oleh Awak Media 

JAKARTA, TIMURPOS.COM - Syukuran HUT ke 59 Ikatan Kekeluargaan Rano' iapo ( IKR ) yang diawali dengan Ibadah Syukur menggunakan Bahasa daerah Minahasa Tountemboan akhirnya berjalan sukses dan kegiatan ini dilaksanakan, Sabtu ( 01/7/2023 ) diaula K.H. Abdurrahman Wahid, Gedung BP2MI Jakarta Selatan.



Tentunya kegiatan ikatan kekeluargaan ini sangat diapresiasi oleh tamu undangan maupun warga Minahasa khususnya kampung Rumoong Bawah dan kampung Kawangkoan Bawah yang ada di ibukota Jakarta.



"Dalam syukuran yg dimeriahkan dengan alat musik Kolintang dan panitia serta tamu undangan yg memakai baju adat Minahasa penuh dengan kebahagiaan, kebersamaan dan juga membangun, serta membangkitkan seperti kebudayaan - kebudayaan Minahasa, walaupun kita berada diperantauan jangan sampai kita lupakan budaya leluhur. 

Disisi lain terutama dikalangan anak muda tentunya mereka harus tahu warisan - warisan budaya Minahasa yang sangat istimewa ini," Tutur Ketua Panitia syukuran HUT IKR Brigjen TNI Frans Dicky Tamara S.E, M.M.


Kerukunan Ikatan Kekeluargaan Rano' iapo yang berasal dari Kabupaten Minahasa Selatan ini terdiri dari dua kampung, yaitu Rumoong Bawah dan Kawangkoan Bawah, ungkap Jenderal Bintang Satu Dicky Tamara yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan ( Kemenhan ) yang dipimpin Menhan Prabowo Subianto.


Terbentuknya Organisasi IKR, awal 24 April 1964 sampai 2023 terbilang sangat sukses. Pengurus/Pimpinan IKR Jakarta dan sekitarnya dari masa ke masa. 1. Periode April Tahun 1964 - 1969, Ketua : John Pontororing

Sekretaris : Yos Wagey

Bendahara : Elizabeth Sumaraum Tiwow.

2. Periode Tahun 1969 - 1974, Ketua : Yos Wagey 

Sekretaris : Lawrence A. Tampemawa

Bendahara : Elizabeth Sumaraum Tiwow.

3. Periode berikutnya diperkirakan Tahun 1980 an,

Ketua : Lawrence A. Tampemawa

4. Periode Tahun berikutnya sampai Tahun 2000 

Ketua :  Marthen Sumampouw

5. Periode Tahun berikutnya : Herry Mathindas Sumampouw

6. Periode Tahun berikutnya sampai dengan Tahun 2012 karena meninggal dunia Ketua : Freddy Lokey Rarung

7. Periode 2013 sampai sekarang 2023

Ketua : Berny Tamara.


Ikatan Kekeluargaan Rano' iapo ( IKR ) di Tahun  2023 ini masih dinakhodai oleh Berny Tamara sebagai Ketua IKR dan disusul oleh pengurus serta para anggota - anggota yang masuk diorganisasi Ikatan Kekeluargaan Rano'iapo. 


Harapan dikemudian hari sebagai anak Sulawesi Utara Kabupaten Minahasa Selatan kampung Rumoong Bawah dan kampung Kawangkoan Bawah yang ada dirantau khususnya yang ada di Jakarta. Untuk mengingatkan kembali apa lagi yang sudah menikah dan mempunyai anak yang lahir di Jakarta, sekali lagi harus tetap mengetahui tentang Budaya Minahasa serta leluhur kita dengan moto Sitou Timou Tumou Tou artinya Manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain itulah filosofi bapak Sam Ratulangi," Tutup Ketua Panitia syukuran ke 59 IKR Brigjen TNI Frans Dicky Tamara S.E, M.M.





Editor : Nando Sandala

Reporter : Alfrets Maurits

Komentar

Tampilkan

Terkini