Iklan

Follow us

Bupati JS Tetapkan Desa Ponosakan Indah Sebagai Kampung Moderasi Beragama

Timur Pos
Senin, 24 Juli 2023, 11:31 WIB Last Updated 2023-07-24T03:31:27Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



 

Mitra, TIMURPOS.com. --  Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Bupati James Sumendap SH MH, melaunching Kampung Moderasi Beragama, yang dilaksanakan di Desa Ponosakan Indah, Kecamatan Belang, Sabtu, (23/7).

 

Bupati James Sumendap dalam sambutannya mengatakan, kampung moderasi adalah bagian dari percontohan yang sangat penting dilaksanakan. 

 

“Desa ponosakan Indah terpilih menjadi kampung moderasi beragama di kabupaten Mitra, sudah melewati tahapan berbagai macam kriteria dan mereka mampu melewati itu,  dan telah mendapatkan apresiasi dari berbagi lembaga keagamaan, hingga lapisan masyatakat. Dimana ini adalah merupakan satu kabanggaan bagi masyarakat Kabupaten Mitra yang masih tetap menjunjung tinggi aspek nilai – nilai keagamaan, “ ucap Bupati Sumendap.

 

Bupati Sumendap juga mengatakan, seluruh desa yang ada di Mitra menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan, namun Desa Ponosakan indah dari kategori penilaian mampu memenuhi itu semua, bukti keragaman beragama dan harmonisasi bermasyarakat ada sini.

 

“Desa Ponosakan Indah boleh menjadi Role models bagi daerah lain, kedepan setiap desa-desa program yang ada nantinya akan diterapkan di desa-desa yang ada di Mitra.  Dan yang paling penting mari kita jaga bersama persatuan dan kesatuan yang sudah terbentuk dengan baik ini, setiap pimpinan keagamaan yang ada harus mampu menjaga keutuhan keberagaman agama yang ada,” ajak Sumendap.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemukulan Beduk oleh Bupati James Semendap dan Penanda Tanganan batu batu prasaati bersama Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara ‘Hi. Sarbin Sehe, S.Ag., M.Pd.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenag Sulut, Sarbin Sehe menyampaikan bahwa Kampung Moderasi Beragama merupakan program kementrian agama dalam menjaga hubungan antat umat beragama yang ada di Indonesia.

 

“Ini merupakan harapan besar dimana Kampung Moderasi Beragama adalah langka untuk mempromosikan harmoni dan toleransi keagamaan, akan pentingnya nilai saling menghormati, memahami, serta bekerja sama antara kelompok agama yang beragam,”  ungkap Sehe.

 

Lebih lanjut dikatakan, meskipun di Indonesia dipenuhi dengan keragaman umat beragama, namun dengan kesadaran dan menjujung tinggi nilai nilai toleransi dapat menjaga hubungan antar keyakinan umat beragama.

 

“Kami hadir untuk memastikan bahwa dengan saling menghormati dan memahami antara sesama komunitas keagamaan tercibtanya perdamaian. Dan jika ada yang yang mencoba – coba mengganggu itu semua maka kami akan tampil paling depan untuk melawan,” ujar Sehe.

 

Hadir dalam kegiatan louncing Kapung Moderasi dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara ‘Hi. Sarbin Sehe, S.Ag., M.Pd.I, Kepala Kemenag Kabupaten Mitra ‘Muh. Thaib Mokobombang, S.Ag., MH, Wakil Bupati Mitra Drs.Jesaja Legi, Anggota DPRD Mitra, pimpinan keagamaan, Danramil 12/Belang ‘Kapten Inf michael Rawung, Kaplsek Belang ‘Iptu Elias Sasebohe,Ketua FKUB Mitra Pdt ,Lenny Kolulun,MTh, Camat Belang ‘Munira Bin Ali, para Hukum Tua, Perangkat Desa serta Masyarakat.  (JW)

 

 

 

Editor: Alfrets Maurits

 

Komentar

Tampilkan

Terkini