Iklan

Follow us

Gerah Dengan Situasi Politik Saat Ini Budayawan Nusa Utara Angkat Bicara

Timur Pos
Sabtu, 10 Februari 2024, 21:13 WIB Last Updated 2024-02-10T13:14:39Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

SAAT MENGHADIRI PESTA ADAT TULUDE (Foto:Sem Makaluase)


MANADO,TIMURPOS.COM
-Melihat situasi perpolitikan di tanah air yang dimana masing-masing partai,caleg,dan capres sudah saling serang tanpa ampun.di tambah masifnya penyebaran informasi hoax melalui wadah media sosial, kian hari kian mengancam persatuan, terlebih bangsa ini dalam pesta demokrasi.


Menanggapi itu, tokoh Budayawan Nusa Utara,Sem Makaluase angkat bicara. Dia mengatakan, jika kondisi demikian dibiarkan terus berlarut maka dapat membenturkan antar kelompok masyarakat, baik itu dari Ras, Suku, maupun Agama yang berbeda satu sama lain.


“Sekarang ini tidak ada yang istilahnya jawara, semua harus bersaing secara baik-baik jangan sampai adanya gesekan berlebihan untuk menggapai usahanya,” katanya saat di jumpai di kediamannya Sabtu (10/02/2024) sore.


BUDAYAWAN NUSA UTARA SEM MAKALUASE (Foto:Rusdi/TIMURPOS.COM)


Dijelaskan Sem Makaluase, Indonesia dianugerahi oleh sang pencipta keanekaragaman budaya. jika dipahami dan dihayati dengan seksama akan melahirkan cara berfikir dan bertingkah laku yang berdasarkan  dalam falsafah Kebhinekaan.


“Tiap daerah punya budaya masing-masing,Kalau kultur itu terus dipelihara, tertanam kuat, mak negarawan yang berkualitas akan timbul.dan bukan negarawan yang abal -abal yang karbitan dan tidak sesuai dengan prinsip kehidupan berbudaya " imbuhnya.


Lanjut Om Sem sapaan akrabnya,keinginan untuk menjaga iklim pesta demokrasi melalui nilai kebudayaan itu juga mesti dipraktekkan oleh para kandidat yang bertarung.


"Pasalnya, kebanyakan figur yang tampil hanya berkutat pada visi-misi yang jamak, seperti tentang ekonomi, pendidikan, kesehatan, namun melupakan dimensi kebudayaan yang ada"tukasnya.


Editor      : Alfrets Maurits

Reporter :Rusdi

Komentar

Tampilkan

Terkini